bengkirai1

–  adalah jenis pohon yang berasal dari Asia Tenggara dan terutama ditemukan di hutan-hutan tropis .

Nama lain untuk pohon ini adalah Pohon atau . banyak digunakan untuk berbagai tujuan seperti bahan atau bakar, dan juga dipulihkan di kawasan yang terdegradasi.

Sebagai jenis pohon , memiliki tipe tumbuh yang khas. Sebagai pohon tropis, ini tumbuh dengan cepat jika mendapatkan dukungan iklim yang tepat.

Ini dapat mencapai ketinggian antara 16-45 meter dan memiliki bentuk tumbuh yang . Keras atau pahit, berwarna coklat kemerahan dengan tutup tanpa batang yang runcing dan dua rentang pada pohon.

Baca Juga :   Perbandingan Kayu Bengkirai, Meranti, dan Merbau Untuk Atap Rumah

Beberapa ciri lain yang menunjukkan antara lain adalah umur pohon. Pohon ini berumur panjang dan tahan hingga 40 tahun, dan jika dipelihara dengan benar, bisa bertahan hingga lebih dari 100 tahun.

Baca Juga :   Kayu Kempas: Kekuatan dan Kegunaan dalam Konstruksi

juga memiliki pengemasan alami yang melindungi dari beberapa jenis hama dan penyakit yang menyerang pohon.

Karena daya tahannya yang luar biasa dan kemampuannya untuk menghasilkan , telah menjadi baku favorit untuk berbagai produk , termasuk produk-produk luar ruangan, papan partisi, tangga, ubin, perlengkapan makan dan masih banyak lagi.

Walaupun memiliki beberapa , kayunya harus dipanen dengan hati-hati. Penggunaan berlebihan untuk atau pemanenan tanpa perencanaan yang tepat dapat mengakibatkan kehilangan habitat yang .

Baca Juga :   Pesona Kayu Kruing Kalimantan: Kekuatan dan Keindahan dalam Setiap Serat

Untuk Alasan ini, penting agar manajemen terpadu dari sumber daya yang tersedia di hutan tropis terus-menerus didukung.

Baca Juga :   Identifikasi Kayu Indonesia: Menyingkap Kekayaan dan Keistimewaan Kayu Kulim Indonesia

adalah yang berkualitas tinggi dan , yang membuatnya ideal untuk - rumah dan lain.

Selain itu, dengan manajemen yang tepat, tersebut dapat terus digunakan dengan aman untuk dan keuntungan jangka panjang.