7

– Apakah Anda tahu bahwa memiliki keunikan yang luar biasa? Dari yang dan tahan terhadap serangan rayap hingga yang sering digunakan dalam .

Tidak ketinggalan dengan yang lebih mahal namun memiliki daya tarik eksotis. , dengan kekayaan alamnya, telah menjadi rumah bagi berbagai yang dan awet.

Artikel ini akan membawa Anda dalam perjalanan mengenal keunikan - yang menjadi stempel kualitas tinggi dari .

, dengan kekayaan hutan hujan tropisnya, memiliki banyak yang unik dan bermanfaat bagi berbagai .

Dalam artikel ini, kami akan memperkenalkan Anda pada beberapa khas yang memiliki keunikan dan kegunaan yang luar biasa.

1.

adalah salah satu yang paling khas dari . ini juga dikenal sebagai Ironwood atau Besi karena kekuatannya yang luar biasa.

Baca Juga :   Harga Kayu Meranti Gelondongan: Panduan Lengkap untuk Pembeli Pintar

tumbuh tinggi hingga 35 meter dengan diameter mencapai 100 cm. Kulit memiliki warna coklat kemerahan hingga coklat tua yang khas.

Baca Juga :   Harga Kayu Damar Laut Terbaik 2023: Harga per Batang dan per Kubik

Keunikan ini terletak pada seratnya yang sangat tinggi, sehingga sering digunakan dalam , seperti tiang dan balok kerangka rumah, jembatan, dan perkapalan.

Selain itu, tekstur yang halus dan eksotik membuatnya sangat cocok untuk dan dinding dalam rumah.

2.

, juga dikenal sebagai Anggelam atau Benuas, adalah jenis yang sering digunakan dalam berbagai .

ini dapat tumbuh tinggi hingga 50 meter dengan diameter lebih dari 100 cm. memiliki kulit berwarna kelabu, merah, atau coklat dengan alur kecil yang unik.

Baca Juga :   Kayu Bengkirai Kelas Berapa Tingkat Kekuatannya di Bandingkan Dengan Kayu Jati

Setelah dikeringkan, warna terasnya menjadi kuning terang, sedangkan gubalnya cenderung coklat pucat hingga kekuningan.

Baca Juga :   Harga Kayu Bengkirai 2024: Solusi Ekonomis untuk Proyek Anda!

Meskipun warnanya terang, memiliki kualitas yang sangat baik, dan itulah mengapa banyak digunakan dalam jembatan, bantalan tiang listrik, , dan perkapalan.

3.

adalah salah satu paling eksotis dan mahal yang berasal dari . Pohon dapat tumbuh hingga 40 meter dengan diameter batang mencapai 100 cm.

Kulit berwarna kelabu atau coklat muda tergantung pada usia pohonnya. Namun, yang paling mencolok adalah terasnya yang berwarna coklat gelap yang sangat eksotis.

sering digunakan dalam , terutama sebagai bahan dan dinding. Keunggulan ini adalah ketahanannya yang luar biasa dan warna alaminya yang memukau.

Baca Juga :   Harga Kayu Damar Laut Terbaik 2023: Harga per Batang dan per Kubik

4.

Baca Juga :   Ciri-Ciri Kayu Bengkirai yang Bagus, Keajaiban Alam yang Kokoh dan Elegan

dikenal dengan berbagai nama seperti Ampadu, Ampalang, atau Awang Tanet, sesuai dengan daerahnya. Pohon dapat mencapai tinggi 45 meter dengan diameter hingga 80 cm.

utama adalah warna terasnya yang merah atau coklat, sementara gubalnya coklat hampir putih.

Tekstur terasnya lebih kasar, sementara gubalnya lebih licin. sering digunakan dalam rumah dan karena kemudahannya untuk dipotong.

Keunikan setiap jenis menambah kekayaan sumber daya alam pulau ini.

Pilihan yang tepat dapat membuat perbedaan signifikan dalam atau Anda, memastikan , keindahan, dan ketahanan yang optimal.

22