KAYU LABAN 1

laban merupakan salah satu kekayaan alam yang patut disyukuri. ini banyak terdapat di pulau dan telah lama dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.

laban dikenal sangat dan awet, cocok dijadikan bahan maupun perabot rumah tangga. Namun tahukah Anda bahwa laban sebenarnya memiliki banyak lainnya?

Berikut adalah 15 laban yang perlu Anda ketahui.

  1. Berkat sifatnya yang dan , laban sangat cocok dijadikan pada . Misalnya untuk tiang, kusen, kuda-kuda, ataupun atap rumah.
  2. Bahan Selain , laban juga kerap diolah menjadi aneka seperti meja, kursi, tempat tidur, lemari, rak buku, dan lainnya.
  3. Bahan kerajinan dan ukiran laban yang keras dan padat sangat baik untuk diukir ataupun dibentuk menjadi aneka kerajinan tangan seperti topeng, patung, vas bunga, hingga cinderamata.
  4. Arang aktif Arang dari laban bisa dimanfaatkan sebagai arang aktif untuk penjernihan air. Zat aktif dalam arang laban dapat menyerap zat warna, bau, dan rasa yang tidak diinginkan dalam air.
  5. Masyarakat Dayak di kerap memanfaatkan akar dan kulit laban sebagai untuk mengobati diabetes, sakit perut, disentri, diare, dan luka.
  6. Bahan pembuat kertas Serat laban yang dapat diolah menjadi bubur kertas, kemudian dibuat menjadi aneka kertas, karton, maupun kerajinan kertas.
  7. Bumbu penyedap makanan Daun laban yang dikeringkan bisa digunakan sebagai bumbu dapur penyedap makanan ala tradisional Dayak. Rasanya mirip seperti ketumbar.
  8. Pelestari lingkungan termasuk tanaman keras penghasil oksigen yang dapat membantu menjaga kelestarian lingkungan hidup. Perakarannya mengikat tanah dan mencegah erosi.
  9. Obat gigi alami laban juga dipercaya mampu mengatasi permasalahan gigi berlubang atau sakit gigi. Caranya adalah merendam laban dalam air panas lalu berkumur dengan airnya.
  10. Anti serangga perusak laban tergolong cukup tahan terhadap serangan serangga perusak seperti rayap. Sehingga aman digunakan pada , , maupun barang kerajinan.
  11. Penghasil minyak esensial Destilasi uap daun, buah, bunga, kulit , dan akar laban dapat menghasilkan beragam minyak esensial yang bermanfaat bagi kosmetik dan obat-obatan.
  12. Karbon aktif Arang dari laban bisa diolah lebih lanjut menjadi karbon aktif yang punya banyak kegunaan, mulai dari bahan baku hingga penjernih udara.
  13. Pengendali erosi laban ditanam di lereng bukit mampu mengendalikan erosi dan longsor dengan mengikat tanah lewat akar-akarnya yang .
  14. Tanaman keras cepat tumbuh termasuk jenis tanaman keras berkayu yang tumbuh relatif cepat. Bisa dipanen dalam waktu 10 tahun.
  15. untuk binatang Petani di juga memanfaatkan daun laban sebagai obat bagi ternak mereka, seperti babi, ayam, atau kerbau yang sedang sakit.
Baca Juga :   Harga Kayu Kempas per Kubik: Keindahan dan Kegunaan yang Beragam

Itulah sejumlah laban yang mungkin belum banyak diketahui orang. asli ini ternyata menyimpan banyak potensi besar yang sayang jika tidak dimanfaatkan secara bijaksana. Semoga informasi ini bisa menginspirasi lebih banyak ide kreatif laban demi kemaslahatan bersama.(*)

Baca Juga :   Supplier Kayu Meranti Jakarta Terpercaya - Kami Hadir Untuk Anda