Mengenal Karakteristik Kayu Bengkirai atau Yellow Balau dari Kalimantan

– Dalam dunia , terdapat sejumlah jenis yang memiliki dan keunggulan tersendiri. Salah satu varian yang patut diperhitungkan adalah , atau dikenal juga dengan sebutan Yellow .

Meski belum sepopuler , asal ini tak kalah istimewa dan menawarkan keunikan yang membuatnya menjadi incaran dalam sektor maupun .

, dengan nama latin , merupakan komoditas komersial yang tumbuh subur di kawasan . Pohonnya dapat mencapai ketinggian hingga 50 meter dengan diameter batang melebihi 100 sentimeter.

Habitat alaminya berada di area perbukitan dengan ketinggian minimal 600 meter di atas permukaan laut. Fakta ini mengisyaratkan bahwa memiliki struktur yang dan kokoh, mampu menahan beban berat dengan baik.

Secara visual, memiliki warna yang khas dan menarik perhatian. Bagian teras atau inti kayunya berwarna kuning cerah, sementara bagian gubalnya cenderung lebih muda.

Serat dan teksturnya pun beragam, mulai dari halus hingga sedikit kasar, memberikan sentuhan estetika alami yang menawan. ini menjadikan pilihan tepat untuk elemen dekoratif maupun fungsional dalam maupun lainnya.

Selain keindahannya, juga dikenal akan kekerasan dan kekuatannya yang luar biasa. Dengan bobot rata-rata mencapai 0,91, jauh lebih berat dibandingkan yang hanya sekitar 0,7, ini menjadi primadona di kalangan pengrajin dan perabot.

Tingkat kerasnya yang tinggi menjadikannya pilihan idaman untuk membuat seperti jembatan, rel kereta api, bak truk, atap rumah, dan banyak lagi aplikasi lainnya yang membutuhkan ketahanan maksimal.

Namun, di balik keunggulan-keunggulannya, juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah resiko retak yang cukup tinggi, terutama pada dengan usia yang lebih tua.

Baca Juga :   Peran Abadi Kayu Proyek dalam Konstruksi - Pemasok Kayu Terkemuka di Indonesia

Hal ini disebabkan oleh sif kayunya yang keras namun memiliki tingkat keawetan menengah. Meski demikian, dengan pemilihan yang tepat dan perawatan yang baik, kekurangan ini dapat diminimalisir, sehingga tidak mengurangi keunggulan secara keseluruhan.

Baca Juga :   Membongkar Rahasia Kayu Kamper: Dari Kegunaan, Harga, hingga Fakta Menarik

Dengan segudang keistimewaannya, tak heran jika menjadi komoditas ekspor andalan ke mancanegara, baik dalam bentuk mentah maupun produk jadi seperti dan properti.

Permintaan tinggi setiap tahunnya mencerminkan betapa kayunya digemari dan dibutuhkan untuk berbagai keperluan, mulai dari hingga .

Dalam pemanfaatannya, menawarkan beragam aplikasi yang menjadikannya pilihan yang fleksibel dan versatil.

Selain untuk , kayunya juga kerap digunakan sebagai hiasan dinding yang memberikan kesan dan estetis. Tidak ketinggalan, para pengrajin juga menggunakan sebagai bahan baku untuk membuat kerajinan bernilai tinggi, mulai dari patung hingga pernak-pernik rumah tangga yang memukau.

Bahkan, untuk penggunaan di luar ruangan seperti atau , menjadi primadona dengan kualitas yang baik dan yang terjangkau.

Meski demikian, dalam memanfaatkan , proses pengawetan menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Tujuannya tidak lain adalah untuk memperpanjang masa pakai dan memaksimalkan keawetan tersebut, terutama jika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Perawatan tepat juga harus dilakukan untuk memastikan tetap dalam kondisi prima dan mampu memberikan performa terbaiknya.

Dalam memilih berkualitas, terdapat beberapa tips yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan untuk memilih yang telah berusia tua dan dalam kondisi kering. Hal ini bertujuan untuk menghindari risiko melengkung yang dapat menyulitkan proses pengolahan.

Baca Juga :   Harga Kayu Damar Laut Per Kubik 13 Harga Kayu Damar Laut 2023 : Per Batang & Per Kubik

Selain itu, yang terlalu basah cenderung mudah memuai dan mengakibatkan perubahan ukuran yang tidak diinginkan.

Baca Juga :   Peran Abadi Kayu Proyek dalam Konstruksi - Pemasok Kayu Terkemuka di Indonesia

Kedua, hindari yang memiliki “mata” atau cacat pada permukaannya, karena ini dapat menjadi indikasi yang rapuh dan berkualitas rendah. Terakhir, pastikan untuk membeli dari sumber terpercaya untuk menghindari penipuan dan mendapatkan produk asli dengan kualitas terjamin.

Dalam membandingkan dengan jenis lainnya, terdapat beberapa catatan penting yang perlu diperhatikan.

Jika dibandingkan dengan , yang dikenal sebagai dengan tingkat kekerasan dan ketahanan yang luar biasa, memang masih berada di bawahnya.

Namun, dari segi warna dan penampilan, kedua jenis ini memiliki kemiripan yang cukup dekat. Selain itu, dengan yang lebih , dapat menjangkau lebih banyak aplikasi seperti untuk tepi kolam renang, balkon, dan rooftop.

Sementara itu, dalam perbandingan dengan yang merupakan nama keluarga pepohonan, menunjukkan keunggulan tersendiri.

Jika dibandingkan dengan Merah, lebih unggul, sedangkan jika dibandingkan dengan Putih, keduanya memiliki kualitas yang setara.

Namun, jika dibandingkan dengan Merawan, salah satu jenis yang sering digunakan untuk dan bantalan kereta api, Merawan masih lebih unggul dalam hal dan ketahanan.

Tidak ketinggalan, perbandingan dengan juga menarik untuk dicermati. Meski memiliki kualitas yang cukup baik dengan dan jamur, namun kelemahannya adalah mudah melengkung dan tidak cocok digunakan di luar ruangan.

Baca Juga :   Kayu Bengkirai: Apa Saja Keistimewaan, Berapa Harga, dan Bagaimana Tips Membelinya

Sementara itu, memil yang lebih baik untuk penggunaan outdoor, meskipun sifat muai-susutnya cukup tinggi. Dari segi , lebih mahal dibandingkan .

Baca Juga :   Temukan Kayu Bengkirai Berkualitas di Jakarta: Pilihan Terbaik untuk Proyek Konstruksi Anda

, atau Yellow , merupakan jenis yang memiliki unik dan istimewa. Dengan dan kekerasan yang tinggi, warna yang menarik, serta kemudahan dalam pengolahan, ini menawarkan banyak keunggulan untuk berbagai keperluan, mulai dari hingga interior.

Meski memiliki beberapa kekurangan, tetap menjadi pilihan yang patut dipertimbangkan, terutama dengan harganya yang relatif dibandingkan beberapa jenis lain yang setara.

Jika Anda sedang mencari atau yang , , dan memiliki keindahan alami yang khas, bisa menjadi solusi yang tepat.

Dengan perawatan yang baik dan proses pengawetan yang tepat, ini akan memberikan kinerja optimal dan menjadi elemen yang menawan dalam setiap Anda.

Bagi para pengrajin dan perusahaan yang bergerak di bidang atau , bisa menjadi pilihan yang menguntungkan.

Dengan permintaan yang terus meningkat setiap tahunnya, peluang bisnis dengan menggunakan ini terbuka lebar. Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari keunggulan yang luar biasa.

Untuk Anda yang ingin merasakan sendiri keistimewaan , jangan ragu untuk menghubungi kami.

Kami siap membantu Anda dalam memih produk berkualitas dan memberikan solusi terbaik untuk setiap kebutuhan Anda. Bergabunglah dengan pelanggan kami yang telah merasakan dari keunikan .