Mengenal Kayu Kulim: Keunggulan, Karakteristik, dan Penggunaannya

adalah salah satu yang sangat dikenal di , khususnya di wilayah Sumatra dan .

Dengan nama botanis , ini memiliki banyak nama daerah seperti bawang, kulim, rengon di Sumatra, dan ansam, bawang, cepeluk, jaui, kudur, serta marsindu di . Artikel ini akan mengulas secara mendalam tentang , kegunaan, dan keunggulan .

Arsitektur Pohon

Pohon kayu kulim bisa mencapai tinggi hingga 30 meter, dengan batang bebas cabang hingga 20 meter dan diameter mencapai 60 cm. Kulit luar pohon berwarna kelabu coklat atau merah-coklat, beralur dangkal dan mengelupas dalam bentuk kecil-kecil dan tipis.

Warna dan Tekstur

teras kulim memiliki warna merah tua atau coklat kelabu dengan semburat lembayung, sedangkan gubal berwarna kekuning-kuningan atau kemerah-merahan, yang jelas berbeda dengan teras. Tekstur ini agak halus dengan arah serat berpadu atau bergelombang, memberikan kesan raba yang licin pada permukaannya.

Berat Jenis dan Keterawetan

Berat jenis kering udara bervariasi antara 0,73 hingga 1,08, dengan rata-rata 0,94. terasnya tidak mudah diawetkan, tetapi gubal mudah dimasuki bahan pengawet. ini masuk dalam kelas awet I – (II) dan kelas I.

Baca Juga :   Kayu Bengkirai Untuk Outdoor Kayu Bengkirai Memilih Ampelas Banget Jenis Awet Pagar Kokoh Kuat Arafuru Menghaluskan Permukaan Panduan Melicinkan

Pengeringan dan Kekerasan

agak mudah dikeringkan, meski cenderung pecah dalam arah radial. Kekerasannya sedang keras, dan pengerjaannya mudah hingga sedang.

Baca Juga :   Identifikasi Kayu Indonesia: Menyingkap Kekayaan dan Keistimewaan Kayu Kulim Indonesia

Habitat dan Penyebaran

Daerah Penyebaran

tersebar luas di Sumatra dan , tumbuh subur di primer pada tanah kering liat atau berpasir hingga ketinggian 300 meter di atas permukaan laut.

Keanekaragaman Nama

Di berbagai negara, dikenal dengan berbagai nama. Di Sabah, ini disebut , sementara di Prancis, Jerman, Italia, Malaysia, Belanda, Spanyol, UK, dan USA dikenal sebagai kulim. Di Sarawak, ini disebut ungsunah.

Keunggulan

Ketahanan dan

memiliki ketahanan yang tinggi terhadap berbagai kondisi lingkungan, menjadikannya pilihan utama untuk berat. Dengan kelas I, ini mampu menahan beban berat dan tekanan.

Estetika dan Kegunaan

Selain kekuatannya, juga memiliki estetika yang menarik. Warna dan teksturnya yang khas membuatnya ideal untuk berbagai aplikasi, mulai dari hingga kerajinan tangan. ini banyak digunakan untuk tiang jembatan, bantalan rel, tiang listrik dan telepon, serta struktur perumahan.

Baca Juga :   Menyingkap Potensi Pohon Kulim di Hutan Gelawan Kampar, Riau: Analisis Mendalam

dan Infrastruktur

sering digunakan untuk tiang jembatan dan bantalan rel, mengingat kekuatannya yang mampu menahan beban berat dan ekstrem. Penggunaannya dalam tiang listrik dan telepon juga menunjukkan ini dalam infrastruktur publik.

Baca Juga :   Kulim (Scorodocarpus borneensis) - Pohon Kayu Bawang Harum dari Indonesia

Perumahan

Dalam perumahan, digunakan untuk berbagai struktur, termasuk , , dan elemen struktural lainnya. dan ketahanan ini menjadikannya pilihan yang populer di kalangan pembangun rumah.

Kerajinan Tangan dan Produk

Selain itu, juga digunakan dalam kerajinan tangan dan produk lainnya seperti wooden craft dan finger join laminated board. Estetika yang menarik dan sifat pengerjaan yang relatif mudah membuat ini sangat cocok untuk produk-produk tersebut.

Perlindungan dan Pelestarian

Pengelolaan Hutan

Dengan permintaan yang tinggi, penting untuk mengelola hutan secara untuk memastikan ketersediaan di masa depan. Praktek-praktek pengelolaan hutan yang bertanggung jawab harus diterapkan untuk menjaga sumber daya alam ini.

Baca Juga :   Pertarungan Sengit: Kayu Laban vs Kayu Jati, Mana yang Lebih Unggul? Temukan Jawabannya di Sini!

Peran dalam Ekosistem

memainkan peran penting dalam ekosistem , menyediakan habitat bagi berbagai spesies flora dan fauna. Oleh karena itu, pelestarian hutan yang menjadi habitat sangat penting untuk menjaga keanekaragaman hayati.

Baca Juga :   Meja Kayu Jati Belanda Meja Kayu Jati Belanda Jual Bukalapak

adalah salah satu kekayaan alam yang memiliki banyak keunggulan, baik dari segi , ketahanan, maupun estetika. Dengan yang luar biasa, ini banyak digunakan dalam berbagai aplikasi dan produk . Namun, untuk memastikan , diperlukan pengelolaan hutan yang bertanggung jawab.

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang dan berbagai lainnya, kunjungi beranda situs kami di klikkayu.com. Temukan berbagai informasi terperinci tentang , , dan kegunaan . Jangan lewatkan kesempatan untuk memperkaya pengetahuan Anda dan berkontribusi dalam upaya pelestarian hutan kita.